Karakteristik peserta didik
Nama:Sukma ningsih
Nim:11901246
Kelas: Pai 4f
Pembelajaran online diawali dari perkembangan pembelajaran berbasis elektronik yang pertama kali diperkenalkan di Universitas Illionis dengan menggunakan sistem pembelajaran berbasis komputer . Sejak saat itu, pembelajaran berbasis elektronik berkembang sejalan dengan perkembangan dan kemajuan ICT. Kebutuhan informasi yang dapat diperoleh dengan cepat mulai dirasakan sebagai kebutuhan mutlak dan jarak serta lokasi bukanlah halangan lagi. Isinya juga semakin kaya dengan perpaduan multimedia, video streaming, serta tampilan interaktif dalam berbagai pilihan format data yang lebih standar dan berukuran kecil.
Pada periode inilah dimulah pengembangan pembelajaran online. Perkembangan pembelajaran online di Indonesia dapat dirasakan dari penerapan proses pembelajaran seperti proses pembelajaran mandiri yang diawali dengan pembukaan pendidikan jarak jauh dengan sistem belajar mandiri. Sistem belajar mandiri yang lebih banyak menekankan belajar sendiri dan berkelompok dengan bantuan seminimal mungkin dari orang lain .
Mandiri, pada pembelajaran jarak jauh peserta didik dituntut untuk lebih mandiri dibanding pembelajaran tatap muka, hal ini dikarenakan pada pembelajaran jarak jauh peserta didik hanya bertatap muka dengan pendidik pada saat dilangsungkan evaluasi pembelajaran, atau pada saat-saat tertentu saja. Oleh karena itu apabila peserta didik ingin lebih menguasai materi dan paham dengan materi pembelajaran maka peserta didik harus berusaha untuk mendapatkannya sendiri apabila pendidik tidak memberikannya. Oleh karenanya, seorang pebelajar online learning atau e-learning harus memiliki kemampuan untuk dapat mengoperasikan dan memahami berbagai fasilitas teknologi komputer yang ada. Teguh dalam pendirianya untuk belajar dan mencari ilmu melalui pembelajaran online, serta kokoh motivasi dan tujuanya dalam menuntut ilmu guna menjadi manusia yang lebih baik dimasa depan.
Sehingga tidak mudah tergoda dan terganggu oleh hal-hal yang mampu merusak mentalitasnya untuk belajar. Sehingga mereka dituntut untuk memiliki motivasi yang tinggi, agar mereka dapat belajar tanpa orang lain menyuruhnya. Sehingga proses pembelajaran online learning tetap memberi tantangan dan respon yang mampu meningkatkan pengonstruksian pengetahuan. Kemampuan untuk memilah-milah informasi yang akan dipelajari dan menemukan serta mengemas materi pembelajaran sesuai dengan gaya belajar yang diinginkanya, sehingga mudah dipelajari.
Uraian di atas menjelaskan bahwa untuk melaksanakan pembelajaran online bukan hanya didukung oleh sistem yang memadai, peserta didik-pun harus mempersiapkan kualitas diri dalam pembelajaran online. Robin M. dan Frank R. mengemukakan kebutuhan bagi pendidik untuk melakukan pengembangan ketrampilan agar menjadi pendidik pembelajaran online yang baik telah mengarah ke pertumbuhan program belajar online. Dalam jagat pembelajaran online, guru/dosen/tutor/instruktur menjadi seorang fasilitator, pemandu, atau bahkan narasumber ahli, tetapi tidak lagi menjadi satu-satunya penentu bagi pengalaman pembelajaran mahasiswa. Pebelajar online learning, mereka cenderung bersifat individualism dan sibuk dengan teknologinya masing-masing.
Pembelajaran melalui teknologi computer sudah menjadi kebutuhan yang tidak dapat dihindarkan. Dalam kehidupan social, mereka menyadari bahwa kemampuan dan potensi yang dimiliki yang akan membawa mereka menuju kehidupan yang lebih baik. Sehingga mereka cenderung kompetitif, melakukan yang terbaik dan disiplin serta jujur dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaanya. Mereka merupakan orang-orang yang bebas dengan pilihanya masing-masing,dan memiliki latar belakang yang berbeda-beda.
Pendidik online learning, memiliki karakteristik yaitu mampu menyeimbangkan antara bagaimana teknologi dan kehidupan nyata dapat saling berdampingan untuk mencapai keseimbangan dalam pencapaian tujuan yang diinginkan. Mereka juga menganggap bahwa teknologi computer sudah menjadi kebutuhan yang penting dalam mengatur hubunganya atau interaksi dengan orang lain. Demikian pula dengan pendidik online learning, mereka memiliki budaya untuk belajar dimanapun dan kapanpun tanpa terhalang oleh waktu dan tempat, menempatkan teknologi sebagai bagian dari hidup, sadar akan perubahan dan perkembangan.
Sumber:Deni Hardianto,KARATERISTIK PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM
PEMBELAJARAN Jakarta:
Pustekkom.
Komentar
Posting Komentar